Jumat, 03 Oktober 2014

Obat Asam Urat Alami



Obat Asam Urat - Asam urat merupakan suatu penyakit yang sering terjadi menyerang bagian persendian terutama pada sendi jari tangan, jari kaki, tumit, siku,pergelangan tangan dan bagian sendi lainnya dalam tubuh. tetapi tidak semua nyeri yang ditimbulkan asam urat adalah nyeri biasa. Nyeri pada sendi yang ditimbulkan karena asam urat sangat hebat dan menyebabkan bengkak bahkan meradang pada bagian yang terkena asam urat tersebut. tetapi, tidak semua rasa nyeri yang timbul pada persendian merupakan penyakit asam urat.

hal ini dikarenakan, asam urat biasanya sering menyerang seseorang yang berusia lanjut, yang pada umumnya berusia 40 tahun ke atas. selain memiliki penyakit asam urat, biasanya orang tersebut juga memiliki penyakit lain seperti penyakit ginjal, penyakit diabetes, atau hipertensi.

Obat Asam Urat Alami

penyakit asam urat terjadi karena kristal-kristal yang terbentuk sebagai manifestasi metabolisme zat purin pindah kedalam tubuh kita. Purin ialah  suatu zat yang terkandung di dalam setiap bahan makanan yang berasal dari makhluk hidup seperti hewan (daging) dan  tumbuhan (buah dan sayur). dengan kata lain, jika kita mengonsumsi makanan yang berasal dari makhluk hidup,  maka zat purin yang ada dalam makanan tersebut secara otomatis akan pindah kedalam tubuh kita.

semua makanan yang masuk ke dalam tubuh akan diolah melalui proses metabolisme dan akan menghasilkan asam urat. Hal Ini berarti setiap orang mempunyai kadar asam urat. Hanya saja, jika kadar asam uratnya berlebihan (dikarenakan pengonsumsian zat purin secara berlebihan) maka akan menyebabkan ketidakmampuan ginjal dalam mengeluarkannya, sehingga membuat kristal asam urat menumpuk di persendian. Inilah sebabnya mengapa persendian akan terasa nyeri dan bengkak. Obat asam urat sangat beragam jenisnya dan berbagai pula cara penyembuhannya.

Obat Asam Urat Alami Ampuh

Dengan memanfaatkan kulit dari buah manggis yang sudah dikeringankan. Pertama-tama kita harus menjemur kulit buah manggis, kemudian setelah kulit manggis tersebut kering dan dijemur kira-kira 1 hari. Maka setelah hal itu dilakukan anda harus memotong kulit buah manggis yang sudah kering tadi menjadi bagian kecil-kecil, kemudian masukan potongan kulit manggis ke dalam air mendidih kira-kira 300ml, tunggu beberapa saat. Setelah air berubah warna menjadi keunguan, maka langkah yang harus dilakukan berikutnya ialah memisahkan air dengan kulit buah manggis dengan saringan. Minumlah sari / air rebusan dari kulit buah manggis tadi 2-3 kali sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Tips tambahan bagi penderita asam urat :
  • Konsumsi makanan yang mengandung potasium tinggi seperti kentang, yogurt, dan pisang.
  • Konsumsi buah yang banyak mengandung vitamin C, seperti jeruk, pepaya dan stroberi.
  • Contoh buah dan sayuran untuk mengobati penyakit asam urat: buah naga, belimbing wuluh, jahe, labu kuning, sawi hijau, sawi putih, serai dan tomat.
  • Perbanyak konsumsi karbohidrat kompleks seperti nasi, singkong, roti dan ubi.
  • Kurangi konsumsi karbohidrat sederhana jenis fruktosa seperti gula, permen, arum manis, gulali dan sirup.
  • Jangan minum aspirin.
  •  Jangan bekerja terlalu keras/kelelahan.
  • Pada orang yang kegemukan (obesitas), biasanya kadar asam urat cepat naik tapi pengeluaran sedikit, maka sebaiknya turunkan berat badan dengan olahraga yang cukup.
  • Sesuaikan asupan energi dengan kebutuhan tubuh, berdasarkan tinggi dan berat badan.

Untuk menyembuhkan penyakit ini ada beberapa hal yang harus dilakukan, diantaranya :
  1. Menghindari makanan yang dapat meningkatkan asam urat, seperti jeroan (hati, ginjal, limpa, babat, usus, paru dan otak).
  2. Hindari makanan laut (udang, kerang, cumi, kepiting); makanan kaleng (kornet, sarden dan ekstrak daging), telur, kaldu atau kuah daging yang kental.
  3. Menghindari makanan seperti emping, melinjo, kangkung dan bayam, daun singkong, daun jambu mete, asparagus, buncis dan kembang kol.
  4. Hindari kacang-kacangan (kacang tanah, kacang hijau, kacang kedelai, tempe, tauco, tauge, oncom) dan susu kedelai.
  5. Menghindari makan buah durian, alpukat, nanas, air kelapa.

Makanan yang aman dimakan, beberapa di antaranya adalah :
  1. Nasi, daging ayam, telur, keju, susu, dan beberapa buah-buahan.
  2. Hindari minuman dan makanan beralkohol.
  3. Pada orang gemuk, asam urat biasanya naik sedangkan pengeluarannya sedikit, maka untuk keamanan, orang biasanya dianjurkan menurunkan berat badan.
  4. Banyak minum air putih, karena dengan banyak minum air putih, kita dapat membantu membuang purin yang ada dalam tubuh.

Itulah tadi beberapa cara mengobati asam urat. Obat asam urat saat ini sangat banyak beredar di apotek-apotek tetapi jika anda menginginkan yang herbal atau tradisional anda dapat melalukannya sendiri dan pastinya obat asam urat herbal lebih aman karena tanpa bahan pengawet dan bahan kimia.